SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA SIMO

Artikel

Desa Simo Melakukan Bersih Desa

31 Juli 2024 10:08:38  Administrator  97 Kali Dibaca  Berita Desa

Memasuki Bulan Suro dalam Kalender Jawa, warga Desa Simo Kecamatan Kendal menyelenggarakan tradisi Bersih Desa. 

Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Maka sesaji diberikan kepada danyang, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa.

Tradisi Bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual di baliknya. Bersih Desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat. Selanjutnya, upacara bersih desa bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari.


Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam acara bersih desa di Desa Simo. Acara yang pertama yaitu Sholawatan yang diadakan pada hari Jumat Malam tepatnya pada tanggal 26 Juli 2024. Acara dihadiri seluruh warga desa Simo mulai dari anak kecil, remaja, bahkan orang tua. 

Selanjutnya acara yang kedua yaitu mengadakan kenduri pada tanggal 27 Juli 2024. Acara tersebut dilaksanakan siang hari sehabis dhuhur. Pada acara tersebut seluruh warga membawa tumpeng untuk dimakan bersama dan juga dilakukan doa bersama demi keselamatan warga Desa Simo semua.

Puncak acara dalam kegiatan bersih desa yaitu dilaksanakan pertunjukan wayang kulit dengan Dalang kondang yaitu Dalang Alex. Acara tersebut dimulai pukul 19.00 dan berakhir dini hari pukul 03.30. Acara tersebut dihadiri seluruh warga Desa Simo dan berlangsung secara meriah karena semua sangat antusias pada kegiatan tersebut.

Dengan diadakannya bersih Desa Simo ini diharapkan Desa semakin aman dan tentram. Dan tentunya semakin maju untuk tahun selanjutnya.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Simo - Jogorogo
Desa : Simo
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon :
Email : simo.kendal@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:9
    Kemarin:194
    Total Pengunjung:34.519
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.31.163
    Browser:Mozilla 5.0